Karya ilmiah lingkungan Bisnis



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“Peluang Usaha Bioskop Mini 3D”





NAMA     : BAGUS PANUNTUN

KELAS    : 14-S1 SI-02

NIM         : 14.12.7907



Abstrak

Seperti yang kita ketahui ditahun 2015 ini kemajuan teknologi mulai berkembang pesat, mulai dari perkembangan smart phone,dan alat elektronik lain nya.hal ini memicu terbuka nya peluang bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi, namun perlu diingat bahwa diindonesia tidak semua kota telah berkembang teknologi nya,contoh nya saja didaerah transmigrasi,didaerah tempat saya tinggal tepat nya di muara delang kecmatan tabir selatan merangin, didaerah ini penduduknya sangat berkembang pesat,didaerah saya terdapat 3 SMA ,1SMK,2 SMP dan puluhan SD dimana disitu mayoritas penduduk sudah mencukupi baik dari segi keuangan ataupun materi,disini bisa dikatakan masyarakat nya sudah modern,sudah banyak toko-toko,minimarkaet,dan penduduknya sangat banyak ,namun disini sangat kurang sekali tempat hiburan,tidak ada satupun tempat hiburan yang disediakan,alhasil banyak remaja yang haus akan hiburan,. nah disini kita dapat melihat peluang usaha yg sangat baik dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Usaha yang dapat kita ambil yaitu dengan membuka tempat hiburan,namun apa usaha yang cocok ? peluang usaha yang sangat menjajnjikan yaitu adalah bioskop mini 3d , peluang usaha ini sangat cocok sekali karena mayoritas penduduk yang kurang akan hiburan. Pasar yang dituju adalah remaja dan anak sekolah, karena anak-anak akan senang apbila ada tempat hiburan yang menarik.
 


                                              Isi
Sebelum kita membuka usaha ini ada baik nya kita tahu lebih dahulu apa itu film 3D .Film 3D adalah bentuk teknologi visual film yang mampu menampilkan gambar terasa tampak nyata dan keluar dari layar. Untuk menikmati film 3D tersebut, diperlukan bantuan kaca mata khusus yang berperan dalam memvisualisasikan gambar di kedua mata penonton. Biasanya memakai kaca berwarna merah-hijau atau merah-biru cyan. Film 3D sebenarnya sudah dikenal sejak lama, namun mulai populer di tahun 2000an dengan dukungan teknologi digital. Banyak judul film yang juga dibuat dalam versi 3D, misalnya Avatar, Open Season, Iron Man 3, The amazing spiderman, hingga Jenderal Kancil produksi dalam negeri. peluang usaha ini sangat menjajnjikan, yang perlu kita lakukan adalah mencari tempat yang strategis yg ramai,karena biasanya akan bnyak orang yang lewat.setelah itu kita bisa menyiapkan alat-alat penunjangnya, ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

1.      Tempat dan Fasilitas Pendukung

Dalam memulai bisnis bioskop mini 3D ini, tempat adalah yang menjadi prioritas utama.selain penempatan lokasi yang strategis gedung juga sangat penting untuk melakukan bisnis ini.gedung yang bisa kita gunakan adalah ukuran ruangan 3m x 4m yang dapat menampung kelompok kecil (4-8 orang). Agar lebih maksimal Tambahkan peredam suara pada dinding agar tidak mengganggu suasana sekitar. Untuk menambah kenyaman, berikan fasilitas sofa dan AC atau kipas angin, serta interior sesuai selera anda.ini yang utama yang harus diperhatikan karena kenyamanan adalah yang utama.

2.      Peralatan

Dalam membangun bisnis ini alat yang digunakan harus sesuai standar perfilman seperti : control PC for screen projector 3D, termasuk mencakup 3D control software player, screen projector 3D, monitor LCD, projector yang support 3D, kacamata 3D, hanger projector 3D, paket DVD 3D, dan seperangkat sound system. Semua peralatan tersebut kisaran harga nya sekitar 30 - 50 juta rupiah, tergantung merek dan kualitas alat yang kita pilih. Ada baik nya kita harus memilih alat yang baik agar bisa maksimal.

3.      Promosi
Nah ini yang sangat penting, yaitu promosi atau pemasaran,promosi harus dilakukan secara optimal agar pangsa pasar yang dituju pas. Untuk menarik minat para pengunjung datang ke bioskop mini kita , maka yang harus kita lakukan adalah strategi promosi usaha yang tepat. Contoh nya saja dengan memilih film-film yang sedang populer di masyarakat , kemudian pemasangan stiker tentang bioskop kita ditempat keramaian. Kemudian dengan menyediakan film edukatif untuk kelompok pelajar, menerapkan sistem member atau gratis nonton setelah kunjungan yang ke sekian kalinya, dan lainnya. Penetapan tarif tiket juga harus wajar dan terjangkau, baik tarif tiket per individu maupun per group. Nah agar bisnis bioskop mini 3D ini dapat terus berjalan hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus update tentang dunia perfilm-an jangan sampai film yang kita putar itu-itu saja, maka harus senantiasa mengikuti trend perfilman setiap saat .

 usaha bioskop mini ini efektif jika kita buka di kota kecil, yang tidak memiliki bioskop besar dan cenderung langka hiburan. Konsep ini akan memberi alternatif hiburan baru bagi masyarakat sekitar yang haus akan hiburan. Di kota kecil usaha bioskop mini yang kita bandrol dengan harga murah meriah akan mampu balik modal dalam tempo 5-6 bulan saja. hanya dengan membutuhkan modal berkisar sebesar 50 juta untuk membuka sebuah outlet usaha bioskop mini. Sudah termasuk biaya promosi dan perlengkapan seperti pembelian film dan kacamata 3D,kita dapat balik modal dalam waktu yang singkat .

  


Referensi : www.bioskopmini3D.com  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karya ilmiah lingkungan Bisnis"

Post a Comment